Majelis Pembimbing Satuan Karya Kapolres dan Dandim Raih Juara

- Advertisement -
Listberita.id- Bentuk keseriusan Majelis  Pembimbing Satuan Karya ( Mabiska) Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu dan Dandim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama.

 

Majelis pembimbing satuan karya serta kepala Organisasi Perangkat Daerah lainnya, terlihat ketika mereka ikut menghadiri Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas.

Keseriusan ini juga terlihat dengan berhasilnya, Saka yang dibimbingnya meraih prestasi dalam Lomba Tertib Administrasi Satuan Karya di Kwarcab Banyumas.

Satuan Kary
Peserta Rakercab Kwarcab Banyumas Tahun 2023 di Pendopo si Panji Purwokerto Sabtu 23-12-2023.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, S.STP, M.Si sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) menyerahkan penghargaan lomba administrasi satuan karya tahun 2023 kepada Mabisaka.

Masing-masing, Sabtu 23 Desember 2023 di Pendopo Si Panji Purwokerto. Saka Wirakartika dibawah bimbingan Dandim berhasil menjadi juara 1, diikuti Saka Bhayangkara sebagai juara 2 dan Saka Bakti Husada binaan Dinas Kesehatan juara 3.

Juara harapan 1 diraih oleh Saka Bahari binaan Dinas Perhubungan, kemudian harapan 2 Saka Widya Budaya Bakti binaan Dinas Pendidikan dan harapan 3 Saka Milenial Binaan Dinas Kominfo Banyumas.

Menurut Ketua Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie, salah satu organisasi pendukung Gerakan Pramuka adalah Satuan Karya Pramuka sebagai penyelenggara pembinaan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Saka.

Maka Kwartir Cabang Banyumas terus melakukan pendampingan dan pembinaan kepada Satuan Karya dengan melakukan evaluasi terhadap Pelaksanaan Administrasi Satuan Karya Pramuka.

Agar sesuai dengan Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Sistem Administrasi Umum Gerakan Pramuka.

“Sebagai motivasi dan memastikan bahwa Pamong Saka dalam menjalankan tugasnya mengelola satuan sekaligus melatih dasar-dasar tata usaha kepada peserta didiknya sesuai dengan aturan yang ada.

Selain itu untuk mendorong, mengatur dan menertibkan tata usaha Satuan Pramuka,” katanya usai penyerahan penghargaan.

BACA JUGA  346 Calon Haji Ikuti Simulasi Manasik 2024

Lomba ini dinilai penting mengingat pembinaan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Saka ditujukan kepada para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Untuk mengembangkan minat dan bakat serta meningkatkan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Saka dalam bidang penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni serta penguasaan keahlian.

Dan keterampilan fungsional yang selaras dengan perkembangan zaman, agar dapat hidup mandiri di masa depan.

Selain itu Satuan Karya adalah wadah untuk mengembangkan jiwa kerelawanan, kewirausahaan, profesionalisme, etika, dan sikap kerja anggota Saka.

Agar dapat berperan menjadi warga negara yang aktif, melakukan pengabdian pada masyarakat serta mampu menciptakan lapangan kerja dan melaksanakan kerja profesional berdasarkan keahlian yang dimiliki.

“Tujuan pembinaan Saka adalah membentuk anggota Saka agar menjadi warga negara yang cinta tanah air, aktif, produktif dan kreatif, memiliki jiwa kerelawanan, kewirausahaan, kemandirian dan profesionalisme.

Dengan menguasai kompetensi dan kecakapan hidup dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, etika dan sikap kerja, serta menguasai keahlian dan keterampilan fungsional di bidang tertentu.

Yang selaras dengan perkembangan zaman yang menjadi solusi untuk memperoleh pendidikan non formal yang unggul dan berkualitas,” tegas Agus.

Dengan banyak dan aktifnya Satuan Karya maka banyak kesempatan untuk pramuka penegak dan pandega mengembangkan keahlian sesuai dengan ke peminatnya.

“Dan yang lebih membanggakan kami, para pimpinan daerah sebagai Mabisaka dan anggota Mabicab, ikut hadir secara pribadi pada kegiatan Pramuka. Itu yang memotivasi kami ” pungkas Agus.

Yayu

- Advertisement -
Must Read
- Advertisement -
Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini