Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Kapolri Atas Kelancaran Arus Mudik Lebaran

- Advertisement -
Jakarta, listberita. id- Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Apresiasi Ketua MPR RI terhadap Kapolri itu disampaikan atas telah suksesnya jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memenejeg kelancaran arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 H, sehingga masyarakat dapat pulang mudik dan kembali ke Jabodetabek  dengan lancar dan aman, baik yang menggunakan jalur darat, laut, maupun udara, terdistribusi dengan lancar.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo yang juga Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) tak kalah besarnya apresiasi terhadap Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajarannya, yang telah bersinergi  menata arus balik mudik di bawah koordinasi Kapolri itu, kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (28/4/23).

MPR RI

Menurut Ketua MPR RI itu “Tidak ada penumpukan signifikan selama puncak arus mudik dan arus balik,  . Selain rekayasa lalu lintas seperti penerapan sistem one way di beberapa ruas tol, kelancaran arus mudik dan arus balik juga karena terobosan Kementerian Perhubungan bersama pengelola jalan tol di Trans Jawa yang memberikan diskon tarif di tanggal-tanggal tertentu. Misalnya pada 27-29 April 2023, ada diskon tarif tol 20 persen. Pemudik bisa memanfaatkan tiga hari itu untuk perjalanan balik, sehingga tidak menumpuk di puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada 30 April dan 1 Mei,” ujar Bamsoet

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, dari titik pergerakan penumpang dan kendaraan yang dipantau melalui 111 terminal, 18 Pelabuhan Penyeberangan, 51 Bandar Udara, 110 Pelabuhan Laut, 13 Daop/Divre perkeretaapian, 42 Gerbang Tol dan 20 ruas Jalan Arteri, Kementerian Perhubungan melaporkan pergerakan pemudik pada H-8 sampai H+3 Idul Fitri 2023 sudah mencapai 10.242.770 orang. Meningkat 3,63 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022 lalu sebesar 9.884.205 orang.

BACA JUGA  Masih Suasana Idul Fitri, Kodam IX/Udayana Gelar Halal Bihalal

“Jumlah penumpang angkutan udara menjadi yang tertinggi, sekitar 3.026.098 orang. Disusul angkutan sungai danau dan penyeberangan (ASDP) sebesar 2.290.611 orang, angkutan jalan 2.038.740 orang, angkutan kereta api 2.030.789 orang, dan angkutan laut 874.532 orang,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, Kementerian Perhubungan melaporkan dari pantuan melalui empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung), diperkirakan total terdapat 1,6 juta kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jabodetabek.

“Hingga 27 April 2023 Pukul 08.00 WIB kemarin tercatat sudah ada 707.200 kendaraan pemudik yang sudah kembali ke Jabodetabek. Masih ada sekitar 892.800 kendaraan pemudik yang akan memadati arus balik hingga puncaknya pada 1 Mei 2023. Mudah-mudahan di sisa waktu arus balik ini, situasi tetap aman, lancar, dan terkendali,” jelas Bamsoet. (Ls/red)

- Advertisement -
Must Read
- Advertisement -
Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini