Aku Memilih Jalan Samurai

- Advertisement -
Aku memilih jjalan samurai” itulah tentang prinsip Nandang Wirakusumah SH, seorang aktifis 98 Prodem dan seorang Advokat, (3/11/2023).

Nandang Wirakusumah berpesan: Ada 8 ( Delapan ) prinsip didalam Bushido, yaitu kebenaran, keberanian, kebijakan, rasa hormat, loyalitas dan kontrol diri.

Itulah 8 ( Delapan) prinsip Bushido yang di pegang teguh, dan kode etik bagi seorang samurai dan, menjalankan tugasnya.

Menentukan pilihan dalam keberpihakan bagi saya, bukan merupakan seuatu yang muda karena, saya sudah mengklaim diri.

Sebagai seorang aktifis pergerakan Prodemokrasi dan, pernah menjadi aktifis mahasiswa di era 90an.

Ia ikut memperjuangkan penegakan demokrasi, anti korupsi, dan keadilan bagi masyarakat.

Dalam suasana pesta demokrasi, untuk kembali,..’dimana Indonesia akan kembali memilih Presiden baru, menggantikan “Jokowi” yang akan segera berahir masa jabatannya.

Menurutnya, kita sebagai komponen bangsa, yang menginginkan Indonesia semakin maju lagi, lebih hebat lagi, dan harus mencari seorang sosok pemimpin yang bisa, dan mampu membawa Indonesia menuju Indonesia Emas.

Saat mau menentukan pilihan terlalu banyak hal, yang tidak mudah terlebih saat ini’, dalam membentukan pilihan.

Pasti terdapat banyak perbedaan pandangan, dalam menentukan pilihan dukungan, dengan kawan, teman seperjuangan, itulah resiko dalam berdemokrasi.

Seharusnya, perdebatan biasa’ sampai perdebatan sengit, menjadi makanan sehari hari memperdebatkan, yang prinsip maupun tidak prinsip.
Bahkan hal yang lebih tajam dari itu..

Terlalu ketinggian sebetulnya, jika saya katakan bahwa’, untuk tetap teguh dan konsisten. Dalam menentukan pilihan saya, merujuk poin-poin 8 prinsip Busidho.

Sebagai tugas prinsip konsistensi , ketulusan,keberaian, kebijakan, menghormati perbedaan. Loyal terhadap pilihan dan, mampu mengontol diri.

Sehingga untuk menjalankan konsistensi diri, berkomitmen untuk bersama-sama dengan tim. Untuk memenangkan Prabowo – Gibran, Menjadi Presiden, Wakil Presiden tahun 2024 – 2029.

BACA JUGA  Kisah Pilu Seorang "Kakek" Mengenang Semasa Muda Bersama Nenek

Dan.. saya mencoba membaca, serta mengutip prinsip, yang luar biasa” dari lelaki bagi “Seorang Samurai” Aku Memilih Jalan Samurai.

Penulis Nandang Wirakusumah SH
Editor Saidi Hartono

- Advertisement -
Must Read
- Advertisement -
Related News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini